Mari terbebas dari Bahan Kimia

Mari terbebas dari Bahan Kimia

PFAS sendiri merupakan singkatan dari per- and polyfluoroalkyl substances, sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair). Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, otomotif, hingga kesehatan. PFAS bahkan banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari. Salah satunya pada teflon. Jika memasuki manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping, diantaranya gangguan hormon tiroid dan kanker

Sebaliknya karena sifat-sifatnya, walaupun dilepaskan ke lingkungan, bahan-bahan tersebut tetap tidak terurai dan bertahan dalam waktu yang lama, sehingga disebut Bahan Kimia Selamanya. 

Dunia sedang bergerak menuju peraturan PFAS.

Beberapa PFAS telah dilarang atau dibatasi karena bahayanya, namun selain residunya, toksisitas PFAS yang diproduksi secara alternatif juga telah terungkap, dan banyak negara di dunia memperketat peraturan. Pada tahun 2009, UE secara efektif melarang PFAS. Di Amerika Serikat, California dan New York akan melarang PFAS pada pakaian pada tahun 2022. Pada tahun 2023, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) telah mengumumkan rancangan peraturan yang akan memperketat standar konsentrasi PFAS dalam air minum menjadi 1/10 dari level sebelumnya.

KEEN juga menanggapi masalah ini dengan serius dan mulai melakukan tindakan penanggulangan pada tahun 2014. Pertama, kami menghilangkan PFAS, yang secara tradisional digunakan pada sandal seperti NEWPORT, yang tidak memerlukan perawatan anti air. Dimulai dari hal tersebut, kami memilih material alternatif untuk menggantikan PFAS dalam perawatan anti air untuk sepatu hiking, sepatu trekking, dan sebagian besar alas kaki lainnya.

Selain itu, selama proses tersebut, PFAS ditemukan di seluruh bagian penyusun sepatu. Hal ini memerlukan upaya kolaboratif dengan berbagai pemasok, dan diperlukan sekitar 10.000 jam kerja untuk memastikan produk tersebut bebas PFAS. Namun, selama waktu tersebut, kami mampu memindahkan lebih dari 150 ton PFAS.

Sejak tahun 2018, kami yakin dapat mengatakan bahwa lebih dari 95% sepatu KEEN bebas PFAS. Dan k
ami ingin menjadikan seluruh produk KEEN terbebas dari PFAS pada tahun 2025.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published